Ternyata Ini 15 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

15 cara mendapatkan uang dari tiktok

Ternyata Ini 15 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok | TikTok dalam beberapa tahun terakhir ini popularitasnya meningkat tajam, terlebih ketika pandemi melanda dunia pada 2020-2022.

Bahkan di akhir 2021 pengguna aktif bulanan TikTok sudah tembus 1 Milyar orang, fantastis. 😱

Mengenal Apa Itu TikTok?

icon tiktok 512 pixel
Sumber : flaticon.com

TikTok merupakan platform digital untuk berbagi video pendek yang berasal dari China. Aplikasi ini diluncurkan pertama kali di negara asalnya pada September 2016 dengan nama Douyin.

Pada awalnya, TikTok mengkhususkan diri pada konten video pendek saja yang berdurasi 15 detik hingga maksimal 5 menit.

Tetapi seiring berjalannya waktu, kini TikTok memberikan durasi video yang lebih panjang, yaitu 10 menit.

Di TikTok kita tidak bisa share gambar yang sifatnya statis. Kalau post pake gambar nanti akan dijadikan video pendek terlebih dahulu seperti video slide show.

Ternyata TikTok Seperti Ini

Mungkin banyak di antara kita yang beranggapan kalau TikTok itu aplikasi joget-joget, tidak bermanfaat, aplikasi alay, dan semacamnya.

Awalnya saya juga mengganggap seperti itu, tetapi sekarang sudah tidak lagi.

Setelah mengeksplor TikTok dalam beberapa bulan ini, saya menyimpulkan bahwa ternyata di TikTok banyak sekali konten-konten edukasi yang penuh manfaat.

Seperti konten edukasi bisnis, motivasi, pengembangan diri, ceramah pendek, dan semisalnya.

Tidak hanya itu, di TikTok juga banyak konten-konten video-video menarik yang menghibur dan menyenangkan sehingga bisa untuk menghilangkan kepenatan. 😊

Bahkan kini TikTok bukan hanya sebagai media sosial saja, melainkan sudah menjadi aplikasi penghasil uang yang sangat menggiurkan.

Nah, Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok?

15 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

15 cara mendapatkan uang dari tiktok

TikTok kini menjadi aplikasi dengan pertumbuhan pengguna sangat cepat. Belum genap 10 tahun, TikTok sudah menjelma menjadi aplikasi raksasa dengan milyaran pengguna aktif bulanan.

Dengan basis pengguna yang sangat besar, TikTok kini menjadi ladang yang sangat menggiurkan untuk menghasilkan uang dari internet.

Berikut ini 15 cara mendapatkan uang dari TikTok :

1. Endorsement

Anda bisa mendapatkan uang jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah setiap kali mendapatkan endorse dari sebuah brand tertentu.

Ketika Anda memiliki followers TikTok yang besar mulai puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan, Anda bisa buka jasa endorse.

Di era digital sekarang, para pebisnis membutuhkan influencer marketing untuk mempromosikan produknya.

Salah satu caranya mereka rela membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk endorse produk / jasanya kepada para influencer di TikTok.

Dari jasa endorse inilah, Anda bisa mendapatka uang yang berlimpah dari TikTok.

Tentunya Anda perlu membangun personal branding di TikTok hingga memiliki followers yang lumayan besar.

Semakin besar jumlah followers yang Anda miliki akan semakin besar pula income yang bisa Anda dapatkan dari jasa endorse.

2. Open Paid Promote

Cara yang kedua untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan open promote. Promosi berbayar ini cara kerjanya berbeda dengan open endorse.

Kalau endorse, Anda sendiri yang membuat konten promosinya dengan cara mengulas produk atau memberikan testimoni.

Kemudian konten video tersebut Anda posting di akun TikTok Anda.

Sebaliknya kalau paid promote, pengiklanlah yang akan membuat video promosinya. Anda tinggal posting saja di akun TikTok Anda.

Hanya posting konten dari pengiklan, Anda bisa dapat menghasilkan income dari TikTok. Sekilas paid promote ini cara kerjanya lebih mudah dari open endorse.

Tertarik Open Paid Promote di TikTok?

3. Jualan Produk Di TikTok Shop

Kalau kita perhatikan lebih jeli, TikTok selangkah lebih maju dari media sosial lain, seperti Facebook, Instagram, dll.

Salah satunya bisa dilihat dari fitur untuk jualan online. Kini TikTok sudah memiliki fitur canggih untuk jualan online, yaitu TikTok Shop.

Dengan fitur TikTok Shop ini, Anda bisa jualan produk Anda sendiri langsung di aplikasi TikTok. Tanpa Anda harus punya website atau toko online sendiri.

Sangat Menarik Bukan?

TikTok Shop memungkinkan transaksi jual beli bisa dilakukan langsung di aplikasi TikTok. Tanpa harus dialihkan ke sistem di website sendiri.

Mulai dari memilih produk, add to cart produk, hingga proses pembayaran produk bisa langsung dilakukan di aplikasi TikTok.

Dari fitur TikTok Shop inilah Anda bisa mendapatkan uang dengan jualan produk fisik di TikTok.

4. Jualan Ecourse / Kelas Online

Kelas online atau ecourse makin populer dan banyak dicari ketika pandemi Covid-19 melanda dunia. Sebab, selama pandemi cara orang belajar sesuatu beralih ke sistem online. Nah, ecourse inilah solusinya.

Fleksibilitas ecourse membuat orang lebih nyaman belajar secara online menggunakan ecourse. Ini memberikan peluang yang bagus bagi Anda untuk mendapatkan uang dari jualan ecourse.

Salah satu caranya Anda bisa jualan ecourse melalui akun TikTok Anda.

5. Jualan Ebook

Selain ecourse, media belajar yang saat ini populer adalah ebook atau buku elektronik. Dengan ebook, aktivitas belajar menjadi lebih mudah karena tidak perlu ribet membawa buku fisik.

Selain itu, ebook juga lebih aman dari kerusakan, anti banjir, anti lapuk, dll.

Anda juga bisa mendapatkan uang dengan berjualan ebook di TikTok. Caranya Anda bangun konten TikTok terlebih dahulu dengan niche / topik konten tertentu.

Kemudian Anda membuat ebook berkaitan dengan niche konten TikTok Anda dan Anda jual ke para followers Anda.

6. Jualan Software

Di zaman serba digital saat ini, ada banyak orang yang membutuhkan software tertentu untuk mempermudah aktivitasnya.

Misalnya software kasir, software manajemen keuangan, tools marketing, dan masih banyak lagi.

Ini kesempatan emas buat Anda untuk jualan software melalui TikTok. Jualan software ini sangat cocok untuk Anda yang memang punya skill programming.

Meskipun demikian, bagi Anda yang tidak punya skill coding / programming pun masih bisa untuk jualan tools / software. Caranya Gimana?

Caranya adalah dengan menjadi agency sofware dari vendor yang menyediakan penjualan software dengan sistem lisensi agency.

Dengan lisensi agency ini Anda diberi hak untuk menjual kembali software-nya dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh vendor aslinya. Saya sendiri juga menjual software dengan lisensi agency, yaitu Plugin Power Article.

Simak Di Sini untuk Detail Plugin Power Article.

Power Article Paket 10 Lisensi

7. TikTok Affiliate

Mau dapat uang tanpa harus punya produk sendiri? Mau punya uang tambahan tanpa harus repot packing barang?

Bisnis affiliate di TikTok bisa menjadi salah satu cara yang bagus. Cukup posting konten promosi produk affiliate, Anda bisa dapat komisi yang berlimpah melalui TikTok.

Terlebih lagi ketika video promosi Anda bisa FYP, Anda bisa “kejatuhan” komisi hingga belasan juta, puluhan juta bahkan hingga ratusan juta.

Ada salah satu kisah menarik & mencengangkan dari salah satu orang yang berbisnis affiliate TikTok ini. Orang ini bisa mendapatkan omset hingga Milyaran & profit bersih komisi hingga Ratusan Juta rupiah dari affiliate TikTok.

Penasaran seperti apa kisahnya? Simak video berikut ini sampai selesai.

8. Shopee Affiliate

Selain TikTok affiliate, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan jualan produk affiliate Shopee.

Caranya Anda bisa menaruh link affiliate Shopee melalui fitur link di bio TikTok. Arahkan audiens TikTok Anda untuk membeli produk via link bio TikTok tersebut.

Jika ada penjualan via link bio tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi dari Shopee Affiliate.

9. Ratakan Affiliate

Bukan hanya affiliate produk fisik, Anda juga bisa mendapatkan uang dari affiliate produk digital dari marketplace Ratakan.com.

Caranya Anda bisa menaruh link affiliate produk digital melalui link bio akun TikTok Anda.

Arahkan audiens Anda untuk membeli produk digital via link bio tersebut. Hal yang sangat menarik dari bisnis affiliate produk digital adalah komisinya yang besar.

Kalau kita bandingkan dengan affiliate produk fisik, komisi affiliate produk digital umumnya jauh lebih besar.

Misalnya saja seperti produk saya sendiri, yaitu produk ecourse TikTok Content Mastery seperti di sini. Komisi affiliate dari ecourse tersebut saat tulisan ini saya buat sebesar 25% dan harga jualnya Rp 349.000.

Coba hitung berapa besar komisinya? Komisinya sebesar Rp 87.250. Jauh lebih besar dari komisi produk fisik yang hanya kisaran 3-10% saja.

10. Ternak Akun

Ternak akun juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dari TikTok.

Ternak akun di sini artinya adalah Anda membangun akun dari nol hingga memiliki followers yang besar, misal hingga 50K, 100K, dst.

Kemudian akun TikTok tersebut Anda jual kepada orang-orang yang membutuhkan. Misalnya para pemilik online shop yang membutuhkan akun besar untuk jualan online.

Saya pernah bertanya kepada orang yang menjual akun TikTok, ternyata harganya lumayan hingga jutaan rupiah per akun.

Tetapi saya sendiri tidak merekomendasikan untuk jualan akun TikTok, karena ada alasan tertentu.

11. Jasa Pembuatan Konten TikTok

Ada banyak orang yang merasa kesulitan untuk membuat konten TikTok. Bisa karena gaptek, kurang mahir edit video, peralatan yang minim, hingga tidak punya waktu luang untuk bikin konten.

Ini kesempatan emas buat Anda untuk membuka jasa pembuatan konten TikTok. Anda bisa mendapatkan income ratusan ribu hingga jutaan dari jasa pembuatan konten TikTok.

Tentunya tergantung kontrak jasanya, berapa jumlah videonya dan seperti apa tingkat kesulitan pembuatan videonya.

Kabar baiknya, kini Anda bisa membuat konten TikTok dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan tanpa harus tampil wajah & tanpa harus joget-joget.

Bagaimana Caranya? Simak Detail Rahasianya Di Sini

12. Jasa Kelola Akun TikTok

Selain jasa pembuatan konten TikTok, Anda juga bisa membuka jasa pengelolaan akun TikTok. Apa Bedanya?

Bedanya adalah jasa pembuatan konten hanya pembuatan konten saja, tanpa jasa upload & optimasi konten.

Kalau jasa kelola akun TikTok, semuanya Anda yang mengurus. Mulai dari riset konten, pembuatan konten, sampai dengan optimasi konten.

Karena effort-nya lebih besar, tentu income yang bisa Anda dapatkan juga lebih besar daripada jasa pembuatan konten saja.

13. Jasa Iklan Di TikTok

tiktok ads manager

TikTok kini juga sudah memiliki fitur periklanan berbayar yang disebut TikTok Ads.

Dengan TikTok Ads, Anda bisa lebih mudah menjangkau audiens dengan kriteria yang spesifik. Misalnya umurnya berapa, lokasinya di mana, minatnya apa, dll.

Tidak semua orang / pebisnis online mahir beriklan di TikTok Ads. Ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda membuka jasa iklan di TikTok.

14. LIVE Gift

Pernahkah Anda menonton siaran langsung / Live di TikTok?

Jika sudah, Anda bisa melihat bahwa ada fitur Hadiah / Gift yang bisa diberikan kepada orang yang sedang Live.

Untuk bisa memberikan gift, penonton perlu membeli gift nya terlebih dahulu di TikTok. Kemudian bisa dikirimkan ke orang yang live.

Gift-gift yang diterima tersebut bisa ditukarkan menjadi uang melalui TikTok. Dari Live Gift inilah Anda bisa mendapatkan uang.

15. Video Gift

Selain Gift Live, ternyata TikTok juga menyedikan fitur Video Gift (Hadiah Video).

Hadiah Video adalah cara penonton untuk memberikan apresiasi terhadap video TikTok Anda. Misalnya karena video Anda bagus, menginspirasi, dll.

Mengaktifkan fitur Hadiah Video ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari TikTok.

============

Baik sobatku, itulah tadi pembahasan yang begitu detail tentang 15 cara mendapatkan uang dari TikTok. Semoga tulisan ini bisa memberikan wawasan baru dan bermanfaat untuk Anda.

Oiya jika Anda ingin mendapatkan update informasi seputar bisnis online maupun digital marketing, Anda bisa join di sini, Gratis.

Subscribe Juga Channel YouTube Sopandi Sukses Di Sini.

Artikel Terkait :

Leave a Comment